Ujian Tengah Semester WORKSHOP
JAWABAN
1.
Berfikir tingkat tinggi salah satunya menyusun peta konsep
a a)
PETA KONSEP
b b) DESKRIPSI
DARI PETA KONSEP
Ø Hidrokarbon
terbentuk dari senyawa karbon dan hidrogen.
Ø Sebagian besar
Hidrokarbon diperoleh dari Minyak Bumi
Ø Karbon selalu
membentuk 4 ikatan Kovalen
Ø Dua varian
dari senyawa hidrokarbon disebut dengan Isomer
Ø Hidrokarbon
merupakan unsur pokok penyusun bahan bakar dan gas alam
Ø Hidrokarbon merupakan
senyawa organik yang sederhana
Ø Hidrokarbon
ada yang bersifat jenuh dan ada yang bersifat tak jenuh
Ø Hidrokarbon memiliki
ikatan tunggal dan ikatan ganda
2 2.
ASPEK MAKROSKOPIK,
ASPEK MIKROSKOPIK, DAN ASPEK SIMBOLIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
1. Level makroskopis terdiri dari fenomena kimia
yang nyata yang mungkin langsung atau tidak langsung sering menjadi bagian
pengalaman siswa sehari-hari.
2. Level sub-sub-mikroskopis terdiri dari fenomena
kimia yang nyata yang menunjukan tingkat partikulat sehingga tidak bisa dilihat
contoh pergerakan elektron, molekul,
partikel atau atom.
3. Level simbolik terdiri dari fenomena kimia yang
nyata dan direpresentasikan kedalam bentuk-bentuk berupa gambar, hitungan, dan
grafik.
Salah
satu materi pada pembelajaran kimia adalah materi
reaksi reduksi oksidasi yang termasuk dalam level makroskopis adalah perkaratan pada besi, pembakaran bahan bakar
pada bensin dan minyak tanah, minyak goreng menjadi tengik. Level sub-mikroskopisnya adalah
merepresentasikan susunan dan pergerakan partikel zat pada reaksi perkaratan
besi, pembakaran bahan bakar dan minyak goreng menjadi tengik. Sedangkan level simboliknya adalah penentuan bilangan
oksidasi, menulis tata nama senyawa berdasarkan IUPAC.
3 3.
Kendala implementasi
Kurikulum2013
a. Faktor utama
penghambat K-13
Ø Pemahaman
sebagian guru tentang Kurikulum 2013 masih kurang,
Ø Alokasi
waktu yang ditentukan dirasakan kurang oleh guru,
Ø ketersediaan
dan kelengkapan sarana dan prasarana yang kurang,
Ø Kurangnya
ketersediaan buku pegangan siswa,
Ø Ada beberapa
guru yang merasa bahwa sistem penilaiannya terlalu rumit.
b. Peta konsep
4 4.
A. Manfaat penilaian
Autentik bagi siswa
1.
Siswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses
pembelajaran karena penilaian juga dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran.
2.
Dengan penilaian seperti ini, maka akan mengurasi rasa
minder siswa yang diakibatkan perbedaan latar belakang, budaya, gaya belajar,
dan kemampuan akademik siswa.
3.
Berbagai tugas ataupun masalah yang dibahas banyak
dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga pembelajaran lebih menarik
minat siswa.
4.
Bentuk sikap positif akan lebih menonjol sehingga dapat
berdampak baik terhadap sekolah dan pembelajaran dapat berkembang.
5.
Guru berperan penting dalam proses penilaian,
penilaian ini menyediakan informasi yang berharga kepada guru pada kemajuan
siswa serta keberhasilan instruksi.
6.
Orang tua akan lebih mudah memahami penilaian dari
anaknya dari persentil abstrak, perangkingan, dan pengukuran lain
tes standar.
B. Cara menerapkan Penilaian Autentik Pada Praktikum Kimia
Dengan
melakukan penilaian terhadap penampilan keterampilan siswa dalam melakukan,
mempraktikan dan menggunakan alat dalam praktikum kimia. Kemudian dengan
melakukan penilaian terhadap kinerja individu dalam proses pembelajaran siswa,
seperti dari keaktifan siswa. Selanjutnya dengan melakukan penilaian terhadap
hasil yang diperoleh dalam pembelajaran tersebut. Dan terakhir dengan melakukan
penilaian terhadap cara atau kemampuan siswa dalam mengungkapkan hasil diskusi
kelompok menenai materi yang dipraktikumkan.
Komentar
Posting Komentar